Teknik SEO Dasar Untuk Pengguna WordPress Yang Wajib Diketahui

0
17
belajar seo dasar untuk pemula
Teknik SEO Dasar

PIJARR.COM – Jika Anda ingin meningkatkan peringkat blog di mesin pencari, maka Anda perlu mempertimbangkan teknik SEO yang baik dan benar. Untungnya, ketika Anda membaut blog menggunakan WordPress,  Anda sudah memiliki pengaturan SEO yang bagus dan mudah digunakan. Ini juga salah satu alasan mengapa banyak orang memilih untuk menggunakan WordPress untuk membuat blog.

Namun, masih banyak hal yang harus dilakukan untuk dapat menerapkan SEO WordPress Dasar dengan benar untuk pemula. Dalam tutorial ini, kami akan memperkenalkan teknik SEO dasar wordpress yang terbaik, sehingga Anda dapat dengan mudah meningkatkan keterampilan Anda dalam membuat blog di wordpress dan meningkatkan traffic.

Teknik SEO Dasar Untuk Pengguna WordPress Yang Wajib Diketahui

1. Instal Plugin WordPress SEO

WordPress sudah memiliki fitur untuk SEO yang bagus. Namun, Anda tetap perlu menggunakan plugin SEO untuk meningkatkan optimasi  SEO. Plugin SEO terbaik saat ini adalah Yoast SEO.

Dengan plugin ini, Anda dapat menyelesaikan optimasi SEO untuk setiap halaman dan setiap posting dengan kata kunci yang Anda inginkan. Plugin ini juga memiliki alat analitik bawaan dengan algoritma terbaru yang cocok dengan algoritma mesin pencari terbaru. Anda dapat dengan mudah membuat sitemap XML, dan menambahkan skema markup ke situs yang Anda buat.

Untuk menginstal Yoast, buka halaman admin WordPress dan pilih Plugins ›Add New . Pada bilah pencarian ketik ‘ Yoast SEO ‘ dan klik ‘ Instal Sekarang ‘.

Kemudian, klik ‘ Aktifkan ‘ ketika sudah selesai mereload halaman. Plugin ini telah berjalan di situs Anda, maka Anda dapat mengaksesnya dengan mengklik ikon SEO di bilah menu sebelah kiri. Silahkan atur dan seting sesuai dengan kebutuhan SEO Anda masing-masing.

2. Gunakan Keyword Tools

Mencari keyword adalah langkah paling penting dalam menentukan keberhasilan strategi SEO WordPress Anda. Menerapkan analisis kata kunci akan membantu Anda:

  • Membuat konten yang tepat untuk mendapatkan banyak
  • Memahami lebih banyak tentang permintaan pasar.
  • Kontrol keberhasilan semua artikel yang Anda tulis.

Ada banyak alat untuk membantu Anda mencari keyword. Beberapa alat terbaik adalah KWFinder , SEMRush , dan Google Keyword Planner.

Proses menemukan kata kunci dapat dibagi menjadi 4 langkah sebagai berikut:

  • Buat daftar kata kunci yang terkait dengan topik.
  • Masukkan di pencari kata kunci untuk menemukan lebih banyak kata kunci dengan volume lalu traffic terbaik, dan tingkat persaingan paling sedikit.
  • Pelajari persaingan dengan menjalankan tools untuk melihat halaman pesaing mana yang memiliki pengunjung
  • Lihat kata kunci mana yang memiliki pesaing paling sedikit sehingga saat membuat artikel Anda dapat bersaing untuk memasukkan kata kunci tersebut dalam artikel yang Anda buat.

3. Nyalakan Visibilitas Mesin Pencari

Ada konfigurasi di WordPress untuk menyembunyikan situs Anda dari mesin pencari , sehingga mesin pencari tidak bisa mengindeks dan mengakses blog.

Fitur ini bermanfaat pada awal ketika membangun blog, tetapi jika Anda masih mematikan indeks mesin pencari, situs web Anda tidak akan diindeks oleh mesin pencari.

Untuk memeriksa apakah fitur ini diaktifkan, buka Setting Reading di dasbor WordPress Anda. Gulir ke bawah halaman sampai Anda melihat item yang disebut Search Engine Visibility             .

Pastikan kotak ini tidak dicentang. Kemudian klik tombol ‘ Simpan Perubahan ‘.

4. Sesuaikan Struktur Permalink

Ketika Anda pertama kali menginstal WordPress, halaman dan posting Anda akan memiliki struktur URL yang buruk dan tidak baik untuk SEO.

Struktur URL terbaik untuk mesin pencari adalah memilih tipe Post name. Dengan beralih ke jenis struktur ini Anda akan dapat memasukkan judul posting atau judul halaman, dan bahkan kata kunci dapat ditempatkan di URL. Untuk mengubah ke struktur menjadi Post name, buka PengaturanPermalinks .

Di bawah bagian ‘ Common Setting ‘, pilih bagian yang berlabel ‘Post name‘. Kemudian klik save change.

5. Tambahkan situs Anda ke Google Search Console

Menggunakan Google Search Console akan menunjukkan kepada Anda cara kerja situs di mesin pencari, dan memberi tahu Anda jika ada kesalahan di seluruh situs.

Untuk menambahkan situs Anda ke Google Search Console: Kunjungi halaman Google Search Console untuk mendaftar akun Google dan kemudian klik tombol ‘ Tambah Properti ‘ untuk menambahkan URL situs web Anda.

Klik tombol ‘ Tambah ‘, maka Anda akan dibawa ke halaman di mana Anda perlu mengonfirmasi kepemilikan situs web Anda. Ada banyak metode untuk memverifikasi situs, cara termudah adalah memilih Metode alternatif , lalu pilih tag HTML .

Salin kode ini, buka halaman dashboard WordPress. Untuk memasukkan kode ini, Anda dapat memanfaatkan plugin untuk melakukan ini. Pilih menu Plugin pilih Tambah Baru, masukan kata kunci untuk mencari plugin Insert Header dan Footer.

Instal dan aktifkan plugin pada gambar di atas. Selanjutnya, buka plugin dengan masuk ke PengaturanInsert Headers and Footers .

Sekarang paset kode ke dalam kotak bernama Header , dan klik tombol ‘Simpan‘. Terakhir, buka Google Webmaster Tools dan klik tombol Verifikasi .

6. Integrasikan Google Analytics

Alat Google lain yang akan membantu Anda menguasai analisa dan statistik situs web adalah Google Analytics. Alat ini akan memberi tahu Anda seberapa bagus strategi SEO Anda dengan menawarkan data analisis dari situs web Anda miliki.

Untuk membuatnya, buka beranda Google Analytics dan buat akun. Selanjutnya, Anda harus memasukkan kode pelacakan ke dalam blog. Biasanya akan berada di bawah Info PelacakanKode Pelacakan. Kemudian, salin kodenya.

Bergantung pada tema Anda gunakan pada wordpress, Anda akan memiliki opsi untuk menambahkan kode pelacakan Google Analytics secara langsung. Jika itu tidak berhasil, Anda dapat menggunakan plugin Insert Headers and Footers seperti cara di atas untuk memasukan kode pelacakan google analytic.

Buka plugin, masuk ke menu header, paste kode pelacakan dan simpan perubahan. Sekarang Anda memiliki statistik situs web. Dengan statistik ini, Anda dapat menganalisis dan menghasilkan strategi yang tepat untuk meningkatkan peringkat situs web di Google.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here