Pengertian, Jenis, dan Manfaat Website

0
49
pengertian website situs jenis
pengertian website situs jenis via pixabay

Pijarr.com – Website ialah sebuah kumpulan dari berbagai halaman web yang saling berhubungan dan dapat juga diakses melalui halam depan atau home page menggunakan sebuah browser dan juga jaringan internet. Website juga merupakan suatu halaman web yang saling berhubungan umumnya yang berisikan kumpulan informasi berupa data teks, animasi, gambar, audio, video, atau juga gabungan dari semuanya yang biasanya dibuat untuk personal sebuah organisasi atau perusahaan.

Dari pengertian website tersebut dapat juga dibedakan menjadi dua yaitu web yang bersifat statis dan dinamis, bersifat statis apabila isi data informasinya tetap dan isi informasinya itu hanya dari pemilik website saja sedangkan web yang sifatnya dinamis apabila isi informasinya selalu berubah  – ubah oleh pemiliknya maupun pengguna websitenya, contoh web statis ialah: website profil suatu perusahaan, sedangkan contoh suatu web dinamis ialah : twitter, facebook, dll.

Pengertian Website

Adapun pengertian website menurut para ahli:

  1. Menurut Hakim Lukmanul, website ialah sebuah fasilitas internet penghubung dalam dokumen dalam lingkup yang lokal maupun dengan jarak jauh, dokumen pada website ini disebut dengan web page sementara link pada website akan memungkinkan pengguna akan berpindah dari satu page ke page yang lainnya, baik antara page yang disimpan dalam server yang sama ataupun server di seluruh dunia, pages ini diakses dan dibaca lewat browser seperti Netscape Navigator, Mozilla Firefox, Internet Explorer, Google Chrome dan aplikasi web yang lainnya.
  2. Menurut Gregorius, website ialah suatu kumpulan halaman web yang saling terhubung dan juga file – filenya saling juga terkait satu sama lain, web itu terdiri dari page/halaman dan berbagai kumpulan halaman yang disebut homepage. Homepage itu berada pada posisi yang teratas dengan halaman – halaman yang terkait dan berada dibawahnya, biasanya setiap halaman yang di bawah homepage sering disebut dengan child page, yang isinya hyperlink ke halaman web.
  3. Menurut Yuhefizar, website ialah suatu metode yang menghasilkan sebuah informasi pada bagian internet baik berupa teks, video, gambar yang sangat interaktif dan mempunyai kelebihan untuk menghubungkan link satu dokumen satu ke dokumen yang lainnya dan dapat juga diakses melalui sebuah browser.
  4. Menurut Suwanto Raharjo, website ialah sebuah layanan internet yang paling banyak sekali digunakan dibandingkan dengan layanan lainnya seperti gopher, ftp, news, bahkan juga email.
  5. Menurut Taufik Hidayatullah, website ialah bagian yang paling terlihat sebagai jaringan yang paling terbesar didunia yaitu jaringan internet.

Jenis-Jenis Website

Adapun jenis website berdasarkan bentuknya, sebelum akan memulai penggunaan website seorang web designer akan menanyakan apa tujuan anda membuat website, apakah website itu akan digunakan sebagai blog pribadi, toko online, company profile, portal berita dan sebagainya, dengan adanya pertanyaan ini agar bertujuan untuk menentukan apakah website ini membutuhkan halaman statis atau juga dinamis berdasarkan seberapa sering informasi pada website tersebut akan diperbaharui. 

  1. Website statis, halam website statis ini tidak akan mengalami yang namanya perubahan pada konten, maupun layout saat akan terjadi permintaan data ke web server, hanya halaman itu yang akan berubah jika pengelolaan melakukan perubahan terhadap suatu konten website secara manual, perubahan biasanya akan dilakukan menggunakan bantuan sebuah program text editor ataupun program desain website seperti adobe dreamweaver, setiap informasi yang akan ditampilkan di website statis diatur dengan bahasa markup seperti HTML, untuk itu jika dibutuhkannya perubahan sekecil apapun, maka itu hanya bisa dilakukan oleh web designer atau juga web programmer. Halaman website yang statis jauh lebih sederhana, cenderung akan lebih aman dari serangan hacker, tidak akan rattan dari kesalahan secara teknis.
  2. Website dinamis, memiliki sebuah konten yang bisa beradaptasi dan menyesuaikan interaksi dari sebuah pengunjung perubahan pada data ini dijalankan oleh sebuah aplikasi dengan secara berkala seperti pada website berita, perubahan tersebut bisa juga dilakukan dengan teknik client side scripting, dengan menggunakan bahasa programmer web, dengan client side scripting konten pada halaman web ini bisa dirubah dengan cepat pada komputer tanpa akan meminta halaman yang baru ke web server. 

Jenis – jenis website berdasarkan platform, tersedia berbagai cara untuk membentuk website.

  1. CMS, ialah cara yang paling popular, CMS ialah perangkat yang lunak atau sistem yang digunakan untuk membuat dan juga mengatur konten digital.
  2. Website builder, ialah platform yang akan membantu anda untuk membuat website dengan secara cepat tanpa harus perlu memahami coding atau kemampuan sebuah desain sama sekali.

Adapun manfaat website:

  1. Meningkatkan kredibilitas usaha kecil.
  2. Menghemat uang.
  3. Meningkatkan pelayanan pada pelanggan.
  4. Menghemat waktu.
  5. Sarna katalog produk dan jasa.
  6. Menjangkau target pasar.
  7. Mudah diakses.
  8. Selalu terhubung dengan pelanggan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here