Tentang Pemasaran Online: Pengertian, Perbedaan, Jenis dan Manfaat

Pijarr – Bagi banyak bisnis, memilih jalur pemasaran yang sesuai itu bukanlah hal yang sangat mudah sekali. Hal ini karena pemasaran nantinya akan memberikan pengaruh yang besar terhadap perkembangan bisnis, sehingga harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Di zaman di mana internet itu menjadi pusat kegiatan banyak orang, pemasaran online digadang – gadang menjadi metode paling efektif. 

Pemasaran online sudah dianggap mampu melebarkan sayap pemasaran bisnis secara optimal namun dengan biaya yang jauh lebih ringan. Sebelum mengamini keefektifan pemasaran secara online serta menerapkannya, kalian terlebih dahulu harus mengetahui pengertian dari konsep ini.

Pengertian pemasaran online menurut para ahli

Menurut Chaffey

Pemasaran online merupakan pengguna internet dan teknologi digital yang saling berhubungan untuk mencapai tujuan pemasaran dan juga mendukung konsep pemasaran yang modern.

Kesimpulannya yaitu pemasaran online adalah usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk maupun jasa dengan menggunakan internet.

Menurut Kotler

Pemasaran online merupakan pemasaran yang dilakukan melalui sebuah system computer online internet yang menghubungkan antara konsumen dan penjual secara elektronik. Jasa online komersial merupakan jasa yang menawarkan sebuah jasa informasi dan juga pemasaran online kepada seorang pelanggan yang membayar iuran bulanan.

Menurut Boone dan Kurtz

Merupakan salah satu komponen dalam e commerce dengan kepentingan khusus oleh marketer, yakni strategi proses pembuatan, promosi, pendistribusian, dan juga penetapan harga barang dan jasa kepada pangsa pasar internet, atau melalui peralatan digital yang lainnya.

Menurut Armstrong dan Kotler

Merupakan sisi pemasaran dari e commerce, yang merupakan kerja dari perusahaan untuk mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan dan juga menjual barang dan jasa melalui sebuah internet.

Menurut kotler dan keller 

Merupakan sebuah metode pemasaran yang melibatkan sebuah perangkat elektronik yaitu komputer, laptop, maupun ponsel pintar. Dengan menggunakan sarana komunikasi tertentu dengan tujuannya yaitu mengurangi biaya sekaligus meningkatkan efektifitas upaya digital marketing.

Strauss dan Frost

Merupakan filosofi terbaru dan praktik modern yang terlibat dalam pemasaran barang dan juga jasa, informasi, serta sebuah gagasan lewat internet maupun perangkat elektronik yang lainnya.

Chen-ling dan Lie

Merupakan merujuk pada proses pemasaran barang maupun layanan kepada para pelanggan dengan memakai media seperti website, promosi di iklan, dan transaksi atau jual – beli secara virtual.

Kleindl dan Burrow

Merupakan sebuah proses perencanaan dan pelaksanaan gagasan konsep, promosi, harga, serra distribusi. Sederhananya, langkah ini merupakan sebuah pembangunan serta pemeliharaan relasi yang saling memuaskan antara produsen dengan konsumen. Pemasaran ini pun kian berkembang berkat teknologi, terutama sejak kehadiran internet yang kemudian melahirkan online marketing.

Perbedaan pemasaran online dan offline 

Jangkauan

  • Offline: untuk menjual suatu produk biasanya konsumen yang sedang butuh produk datang ke toko. Umumnya, toko offline itu hanya bisa melayani konsumen pada daerah tertentu saja. Untuk menarik konsumen, toko offline yang kecil ini akan membagikan brosur kepada calon konsumen.
  • Online: dikarenakan strategi pemasaran dilakukan secara online menggunakan sebuah digital marketing, jadi jangkauan konsumen online lebih luas lagi dibanding offline. Bahkan juga, untuk bisnis online ini konsumennya bisa mencapai luar kota atau juga bahkan luar pulau. Sehingga kesempatan untuk memperoleh keuntungan juga  lebih besar lagi.

Strategi Pemasaran

  • Offline: strategi pemasaran yang dilakukan untuk menarik target konsumen merupakan dengan membuat spanduk di sekitar toko atau bisa juga dengan membagikan sebuah brosur. Untuk toko yang besar itu ia bisa menggunakan televisi maupun radio. Namun, sekali lagi orang – orang yang mengunjungi toko tersebut hanya masyarakat yang berada di daerah sekitarnya saja.
  • Online:  strategi pemasaran online yang digunakan untuk mencapai target sebuah konsumen pemasaran online dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing) dan  bisa juga social media. Jadi, cakupan untuk memilih pelanggan lebih luas dan lebih spesifik lagi.

Pengenalan Brand

  • Offline: konsumen yang membeli ke toko offline umumnya karena toko tersebut itu sudah sangat terpercaya. Mereka tidak mau mengambil resiko untuk membeli di toko yang belum terkenal maupun terpercaya. Dengan adanya hal tersebut, membuat toko offline selalu membutuhkan promosi yang besar secara berkesinambungan agar orang – orang mengenal produk mereka.
  • Online: tentu berbeda dengan offline, untuk target konsumen pemasaran ini mereka yang membeli di toko online umumnya tidak terlalu peduli dengan sebuah brand. Konsumen akan lebih mengutamakan harga yang terjangkau. Terutama dengan keberadaan marketplace yang terpercaya, sehingga kerja sama dengan sebuah marketplace tentu akan sangat membantu.

Customer Experience

  • Offline: jika suatu produk memiliki harga yang terjangkau dan kualitas yang bagus umumnya akan berdampak secara individual terhadap konsumen dengan menjadi pelanggan yang selalu setia. Namun, jika konsumen memiliki pengalaman pelayanan yang baik dari toko tersebut nantinya akan ada dampak promosi yang positif yang akan  didapat dari pengalaman mereka dan disebarkan dari mulut ke mulut. Namun, jangkauannya lebih sempit karena biasanya hanya pada orang – orang terdekat di sekitarnya saja.
  • Online:  untuk bisnis online, konsumen yang puas terhadap pelayanan di toko online tersebut, tentu akan memberikan review secara langsung melalui kolom review maupun komentar sehingga bisa berdampak dengan secara langsung pada pelanggan baru yang melihat review yang diberikan.

Manfaat pemasaran online 

1. Riset pasar lebih mudah

Pemasaran online itu bisa membantu para pelaku bisnis dalam melakukan sebuah riset pasar mengenai produk – produk yang tentunya banyak diminati oleh konsumen misalnya dengan cara melihat kata kunci yang banyak mereka cari di situs anda, hal ini juga tentu dapat membantu anda dalam merencanakan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan sebuah penjualan.

2. Pelayanan lebih fokus

Pelaku bisnis itu tidak perlu khawatir akan banyak pelanggan yang tidak akan dilayani, karena system komputer itu  dapat menampung semua pesanan. Anda hanya perlu melayani para pelanggan yang akan melakukan pembelian saja.

3. Kemudahan mengelola barang

Jika anda semua menjual produk atau barang secara online dengan memanfaatkan website sendiri, sistem manajemen situs akan menyediakan sistem pengelolaan barang dan serta pergudangan. Anda juga bisa dengan mudah melihat stok barangnya dengan begitu, anda mungkin tidak akan membutuhkan etalase da nada juga bisa menjual barang berdasarkan dengan pemesanan, hal ini tentu akan mempermudah anda dalam mengelola barang dagangan anda.

4. Organisasi lebih mudah dan sederhana

Anda tidak perlu lagi memajang produk atau barang dengan secara fisik, namun cukup menyediakan katalog maupun daftar barang dan deskripsi singkat mengenai masing – masing barang tersebut, pebisnis pun tidak perlu membutuhkan banyak karyawan penjual, dan hanya perlu karyawan yang bertugas mengenai pemesanan secara online dan juga karyawan di bidang pengiriman barang.

5. Kemudahan memiliki target pasar

Pebisnis itu bisa menawarkan produk kepada para komunikasi tertentu melalui forum maupun media sosial, anda juga tentu bisa memasang iklan dengan secara gratis atau bisa yang secara berbayar dengan menggunakan kata kunci tertentu, hal ini untuk membantu anda dalam memilih target pasar yang sosial.

6. Biaya pemasaran lebih murah

Biaya pemasaran online akan lebih murah dibandingkan dengan pemasaran offline, pemasaran ini bisa dilakukan dengan cara memasang produk website milik sendiri maupun website milik pihak orang lain melalui agen pemasaran online, pelaku bisnis itu akan dapat memanfaatkan website ataupun blog gratis yang ada situs – situs tertentu.

7. Tidak terbatas ruang dan juga waktu

Internet ini tersedia untuk bisa diakses setiap saat, pelanggan bisa mengunjungi situs tempat yang anda pergunakan untuk memasarkan produk milik anda kapanpun dan dimanapun juga selama mereka bisa mendapatkan akses internet.

8. Menunjukkan dan membangun keahlian

Bagi pembeli jasa profesional, satu faktor sangat terpenting dalam memilih penyedia adalah keahlian. Seringkali, tantangannya itu bukan pada perolehan talenta yang dibutuhkan, namun memproyeksikan keahlian itu ke pasar. Web adalah platform yang hebat karena memungkinkan Anda menggunakan konten untuk menyampaikan pesan dan juga menunjukkan keahlian dalam topik yang sangat relevan dengan audiens target Anda.

Anda juga dapat melakukannya secara offline, namun alat online itu mempermudah penayangan yang luas dan relevan. Blogging, media sosial, dan webinar semuanya memungkinkan Anda mendidik audiens Anda mengenai sebuah topik yang penting bagi mereka, yang menggambarkan keahlian Anda dalam prosesnya.

9. Tidak terkait dengan geografi atau zona waktu

Teknik pemasaran online dapat digunakan dengan secara asinkron, yang berarti audiens Anda tidak harus dibatasi oleh geografi. Untuk memenuhi calon klien ataupun kontak secara langsung, Anda harus dapat melakukan perjalanan dan menyinkronkan jadwal Anda, Berbicara di acara industri, misalnya, bisa menjadi cara yang ampuh untuk membangun reputasi Anda, dan seringkali bermanfaat tapi ini juga merupakan upaya besar yang dapat mengganggu keseluruhan hari secara signifikan (atau beberapa hari).

10. Cara yang paling umum orang memeriksa perusahaan Anda

Situs web perusahaan adalah metode yang teratas sejauh ini, diikuti oleh pencarian online, teman dan kolega, dan media sosial. Semua metode ini gerhana referensi formal, yang digunakan oleh lebih dari 55% perusahaan. Rata – rata, pembeli itu menggunakan  metode ini sehingga sebagian besar perhatian mereka biasanya online.

Jenis – jenis pemasaran online

Tampilan Iklan

Iklan ini akan ditampilkan pada situs web pihak ketiga ataupun blog untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web sebuah perusahaan. Dengan melakukan pemasangan iklan ini secara tidak langsung akan meningkatkan produksi perusahaan. Meningkatkan produktivitas perusahaan juga bisa dilakukan dengan cara memasang iklan yaitu dengan menampilkan iklan pada blog atau web pihak ketiga yang selanjutnya akan diarahkan ke website perusahaan yang bersangkutan.

Search Engine Marketing (SEM)

Bentuk pemasaran ini merupakan untuk berusaha mempromosikan website dengan meningkatkan visibilitas dalam halaman dari hasil mesin pencari. Sistem pemasaran SEM merupakan sebuah upaya untuk mempromosikan web perusahaan dengan meningkatkan visibilitas atau kunjungan jumlah pengguna internet di halaman hasil mesin pencari atau juga yang sering disebut dengan (SERPs) seperti Google, Bing, Yahoo, dan lain-lain.

Search Engine Optimization (SEO)

SEO merupakan proses meningkatkan visibilitas situs web atau halaman web di mesin pencari. Bentuk pemasaran pada SEO ini merupakan sebuah proses yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas situs atau halaman website perusahaan agar berada di urutan paling atas pada hasil pencarian search engine. SEO dilakukan dengan pemilihan nama domain, konten website, dan juga penggunaan kata kunci.

Social Media Marketing

Pemasaran ini dilakukan dengan cara memanfaatkan lalu lintas dalam Social media websites seperti Facebook maupun twitter ataupun juga media sosial yang lain. Ini merupakan proses pemasaran via internet yang menggunakan lalu lintas dalam web sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan juga media sosial lainnya

Email Marketing

Pemasaran melalui email ini dilakukan dengan melibatkan langsung pemasaran pesan dengan mengirimkan pesan melalui surat elektronik. Pemasaran ini menggunakan media surat elektronik untuk mempromosikan barang ataupun jasa. Pihak perusahaan lalu akan langsung melakukan pemasaran dengan mengirimkan pesan yang ditujukan kepada alamat email para pelanggannya.

Referral Marketing

Metode referral ini untuk mempromosikan sebuah produk atau layanan kepada pelanggan baru melalui referensi. Metode ini biasanya sering dari mulut ke mulut. Referral marketing atau juga yang sering disebut dengan proses pemasaran dari mulut ke mulut merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mempromosikan sebuah produk dan jasa pada konsumen baru dengan memberikan referensi.

Affiliate Marketing

Pemasaran ini dilakukan dengan cara memberi bagian atau keuntungan ke affiliasi untuk setiap pengunjung ataupun pelanggan yang dibawa oleh usaha sendiri. Affiliate marketing merupakan sebuah pemasaran yang menggunakan sistem kerjasama dengan memberikan komisi kepada pihak affiliasi atau juga agen penjual hestanto.web.id atau sales online untuk keberhasilannya dalam menjual produk.

Ini berarti tugas dari agen penjual ini merupakan memasarkan dan mempromosikan produk perusahaan tersebut sampai para pengunjung berminat untuk membeli produk yang ditawarkan. Jumlah persentase komisi yang akan didapatkan oleh agen adalah antara 30 persen sampai dengan 80 persen dari harga produk.

Reseller atau dropshipper

Kegiatan internet marketing ini dilakukan oleh orang – orang yang ingin memulai usaha toko online tetapi ia tidak memiliki modal yang cukup dan juga memiliki barang sendiri untuk ditawarkan kepada konsumen. Tugas dropshipper itu adalah menawarkan barang atau jasa milik orang lain dan juga akan mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan tersebut. Dropshipper akan merasa seperti memiliki toko online pribadi karena biasanya itu produk pesanan konsumen akan dikirimkan menggunakan nama dropshipper tersebut.

Inbound Marketing

Pemasaran inbound ini dengan melibatkan seorang pelanggan untuk membuat dan berbagi. Dalam metode pemasaran via internet dengan sekarang ini, pihak perusahaan akan melibatkan para pelanggan untuk membuat dan juga berbagi.

Nah, di atas tadi sudah dijelaskan tentang pengertian pemasaran online berikut jenis dan manfaatnya. Jika ada hal yang belum jelas atau ada tambahan silahkan sampaikan di kolom komentar di bawah ini ya. Salam. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *